loading...

Jumat, 26 Juni 2015

MENGATUR LINE SPACING DI CORELDRAW

MENGATUR LINE SPACING DI CORELDRAW - Hallo sahabat Profesor Coreldraw, Photoshop, Adobe Illustrator, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul MENGATUR LINE SPACING DI CORELDRAW, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel Tutorial, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : MENGATUR LINE SPACING DI CORELDRAW
link : MENGATUR LINE SPACING DI CORELDRAW

Baca juga


MENGATUR LINE SPACING DI CORELDRAW

Mengatur Line Spacing di Coreldraw memang jarang sekali diutarakan dan terkadang sering menjadi masalah ketika harus mengatur semua tentang teks. Hal ini sangat wajar karena memang mengingat coreldraw sendiri adalah aplikasi vektor yang fokus terhadap desain, gambar dan tidak terlalu concern terhadap teks seperti line spacing dan sebagainya. Meskipun terdapat pengaturan yang memang ada untuk teks akan tetapi tentu tidak selengkap dengan Microsoft Word yang notabene memang dikhususkan untuk mengolah tulisan.

Mengatur line spacing
Meskipun begitu fungsi standar yang disuguhkan pihak coreldraw untuk mengatur tulisan tidak bisa dianggap remeh, terlebih lagi dengan adanya pembaharuan-pembaharuan di setiap versinya. Kali ini saya mengambil judul Mengatur Line Spacing maka terlebih dahulu saya akan menjelaskan hal tersebut.

PENGATURAN TEKS PADA CORELDRAW

Terlebih dahulu saya akan mengenalkan type teks yang terdapat di aplikasi vektor ini. Terdapat dua macam type yang pertama adalah teks dengan sistem terbuka dan yang kedua adalah teks dalam baseline. Perbedaan yang paling menonjol adalah tampilan dari kedua tipe ini. Terdapat baseline berupa garis putus-putus yang mengelilingi teks tersebut, sedangkan pada sistem terbuka tidak ada. Jika yang pernah menggunakan Microsoft word, baseline text ini seperti Text box.

Dua jenis teks pada corel draw
 Selanjutnya untuk menggunakan pengaturan lebih jauh dan lebih detail maka sebaiknya segera beralih ke “Text Properties”. Caranya adalah dengan klik “Text” pada menu bar dan pilih text properties atau dengan menggunakan shortcut atau jalan pintas pada keyboard dengan menekan “ctrl+T” maka akan muncul sebuah jendela di sebelah kanan samping default pallete. Disitulah lengkap untuk mengatur tulisan.

Jika ingin mengatur line spacing maka cari di bagian “paragraph” dan cari kolom angka yang menunjukkan line spacing dan secara default kotak ini berisikan angka 100%. Jika menambahkan atau memperbesar angka tersebut maka semaking besar pula spasi antar baris yang terdapat pada teks yang diaktifkan, dan sebaliknya.

Terdapat pula “Character Spacing” yang mengatur kerapatan antar karakter. Cara kerjanya pun sama dengan pengaturan Line spacing. Semaking besar angka yang dimasukkan maka semakin lebar pula jarak yang dibuat antar karakter.

Mengatur Line Spacing di Coreldraw sedikit rumit dan ini wajar karena memang corel adalah pengolah vektor bukan khusus mengurusi tulisan. Namun dengan berjalannya waktu, dan banyaknya pengalaman yang kita peroleh maka hal ini sudah menjadi hal biasa serta tidak perlu dipermasalahkan lagi. Semoga membantu dan tetap semangat untuk belajar.


Demikianlah Artikel MENGATUR LINE SPACING DI CORELDRAW

Sekianlah artikel MENGATUR LINE SPACING DI CORELDRAW kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel MENGATUR LINE SPACING DI CORELDRAW dengan alamat link http://penjahatdesain.blogspot.com/2015/06/mengatur-line-spacing-di-coreldraw.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar